Mengenal NFT, Teknologi, Kegunaannya dan Cara Kerjanya

Khalfani Alvaro
Mengenal NFT, pengertian fungsi dan cara kerjanya
School vector created by pch.vector – www.freepik.com

Akhir-akhir ini, popularitas NFT menjadi semakin populer seiring dengan meningkatnya popularitas Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Bahkan baru-baru ini, sebuah NFT yang dihargai fantastis membuat popularitas NFT semakin melejit. Dilansir dari beberapa sumber, rumah lelang Christie dilaporkan telah berhasil menjual karya seni NFT pertama, sebuah kolase gambar milik seniman digital Beeple seharga US$69,3 juta.

Tidak sampai disitu, ramai-ramai tokoh publik yang turut serta dalam meramaikannya. Sebut saja Jack Dorsey, CEO Twitter yang menjual Tweet pertama di Twitter sebagai NFT. Disamping popularitas yang meningkat, Anda mungkin menjadi bertanya-tanya, sebenarnya apa itu NFT? dan mengapa harganya bisa fantastis? Pastikan Anda paham terlebih dahulu tentangnya sebelum memutuskan untuk menjual atau bahkan berinvestasi pada asset NFT.

Mengenal Pengertian NFT

Apa itu NFT? Non-fungible token atau biasa disingkat NFT adalah jenis token kriptografi yang mewakili suatu aset digital yang unik. Mudahnya, NFT merupakan token yang tidak dapat dipertukarkan dan berfungsi sebagai bukti keaslian dan kepemilikan dalam dunia digital. Token ini biasanya digunakan sebagai bukti kepimilikan aset digital seperti item dalam sebuah game, foto, file audio, dan karya seni atau barang digital lainnya. Namun baru-baru ini NFT mulai digunakan untuk merepresentasikan barang koleksi atau bahkan real estat.

Token ini tidak dapat dipertukarkan, namun apa maksudnya? NFT tidak seperti aset lainnya seperti Bitcoin ataupun uang kertas yang dapat ditukarkan dengan sesamanya dengan nilai yang sama persis. Hal itu dikarenakan setiap token mewakili suatu aset yang berbeda-beda atau unik. Contohnya, Anda bisa menukar 5 uang kertas Rp 10.000 dengan 5 uang kertas Rp 10.000 lainnya tanpa adanya perbedaan nilai, dari pertukaran tadi nilai uang Anda akan selalu setara Rp 50.000. Beda halnya jika Anda menukar token NFT dengan token lainnya. Bisa jadi token yang Anda miliki misalnya bernilai 10 Dollar, lalu Anda menukarnya dengan token lainnya yang ternyata bernilai 5 Dollar, tentu saja tidak ada yang mau seperti itu.

Hal itu dikarenakan, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap token NFT mewakili aset digital yang unik. Setiap token akan mewakili suatu hal yang berbeda, misalnya token pertama mewakili foto dan token kedua mewakili video, oleh karena itu NFT tidak dapat diperdagangkan. Berikut perbandingan aset digital dalam NFT dan dalam file digital biasa (yang digunakan sekarang ini)

Internet NFTInternet Sekarang
NFT unik secara digital, tidak ada dua NFT yang sama.File bisa disalin, seperti .mp3 atau .jpg, yang jika disalin akan sama dengan file aslinya.
Setiap NFT harus memiliki pemilik yang dicatat oleh catatan publik, sehingga siapapun dapat dengan mudah memverivikasi kepemilikannya.Kepemilikan biasanya dicatat dan disimpan pada sebuah server.
Pembuatnya dapat menjual karyanya dimana saja melalui akses pasar global.Pembuatnya biasanya menjualnya mengandalkan infrastruktur dan distribusi platform penjualan yang mereka gunakan.
tabel perbandingan aset digital dalam NFT dan dalam internet biasa.

Cara Kerja

Terdapat berbagai framework dalam standar pembuatan dan penerbitan suatu NFT. Token ERC-721 merupakan salah satu standar yang digunakan oleh Token NFT pada umumnya. Berbeda dengan token pada umumnya (ERC-20), token ERC-721 ini merupakan token yang tidak dapat ditukarkan, sesuai dengan prinsip NFT yang juga tidak dapat ditukarkan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
proyek sampingan yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas

Ide Proyek Sampingan Yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Anda

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share