Subscribe
Kategori

Format File Logo Yang Tepat Untuk Klien Anda

file logo yang tepat
Illustration by Freepik Storyset

Format file logo yang tepat sangat penting bagi semua designer maupun klien, karena masing-masing file memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebagai graphic designer Anda harus menentukannya sesuai kebutuhan Anda dan klien.

Sebagai seorang graphic designer, membuat logo mungkin adalah jasa yang paling sering dicari oleh klien Anda. Bahkan sampai-sampai bisa jadi membuat logo adalah sumber pemasukan utama Anda sebagai designer, walau tidak jarang klien menawarnya dengan harga yang sangat murah.

Setelah Anda menyelesaikan logo pesanan, tentu saja Anda akan mengirimkannya kepada klien dengan format file tertentu. Namun apakah format file yang Anda gunakan ketika mengirim logo sudah tepat penggunaannya dan memudahkan customer Anda dalam menggunakannya? Serta apakah customer Anda dapat dengan mudah melakukan penambahan ataupun perubahan (edit) pada logonya?

Untuk memahaminya, mungkin artikel ini dapat membantu Anda menjadi desinger yang lebih baik lagi, terutama dalam membantu kilen Anda.

File logo yang tepat

Seperti dijelaskan di bagian pendahuluan, format file merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas bahkan fleksibilitas dari sebuah logo. Setidaknya berikanlah file yang tepat sesuai dengan kebutuhan klien. File yang dapat diedit lebih dianjurkan, berikut adalah file yang kami anjurkan untuk Anda ketika mengirim hasil kerja ke klien Anda.

Format File PNG

PNG atau Portable Network Graphics adalah format gambar yang paling sering digunakan untuk file graphic design. File ini adalah ukurannya yang tergolong ringan dibandingkan beberapa file lainnya, meskipun ukurannya lebih besar daripada file JPG. Pada format PNG gambar dikompres menggunakan metode lossles compression, yang artinya kompresi tanpa mengilangkan data.

Satu lagi kelebihannya, terutama kelebihannya terhadap JPG adalah file PNG mendukung warna transparan dan alpha, sehingga cocok sekali untuk file logo. Kesimpulannya, file PNG sangat cocok sebagai file logo untuk kebutuhan yang sederhana.

File Adobe Illustrator (.ai)

Jika klien anda adalah perusahaan atau sejenisnya yang memerlukan logo untuk berbagai macam kebutuhan, file .ai mungkin bisa menjadi jawabannya. Dengan file .ai klien anda menjadi bisa melakukan perubahan yang diperlukan, bahkan mengubah filenya menjadi format yang dibutuhkan. Meskipun demikian, tidak semuanya dapat membuka file ini karena diperlukan Adobe Illustrator untuk membukanya.

File PDF (yang dapat diubah)

PDF atau Portable Document Format adalah format yang sering kita dengar, terutama untuk format file dokumen. Kenapa file PDF? File PDF yang dapat diubah sangat bagus untuk designer maupun klien sebagai format file logo. Pertama karena file PDF yang universal, yang artinya hampir seluruh perangkat pintar sekarang ini dapat membaca file PDF. Tidak diperlukan aplikasi khusus untuk membukanya, di laptop ataupun komputer untuk membukanya sekarang cukup hanya menggunakan web browser yang tersedia.

File PDF yang dapat diubah dapat dibuat melalui aplikasi/program pembuatan vektor seperti Adobe Illustrator dan lainnya. Ketika desain telah selesai dibuat, Anda bisa menyimpannya sebagai file PDF yang bisa diubah menngunakan cara:

Klik File> Save As> Adobe PDF> Save> Centang “Preserve Illustrator Editing Capabilities”> Save PDF

Kesimpulan

Sesuaikanlah format file untuk logo sesuai dengan kebutuhan konsumen atau klien Anda. Berikan file PNG jika klien memerlukan logo hanya untuk kebutuhan sederhana. Namun jika klien membutuhkan file untuk hal yang tergolong expert atau rumit, file bawaan Adobe Illustrator (.ai) bisa menjadi jawaban. File PDF juga bisa digunakan sebagai file universal untuk menampung gambar vektor, dalam hal ini adalah logo.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

Kelebihan dan Kekurangan dari Expired Domain

Next Post
Pengertian Blogroll

Apa Itu Blogroll dan Apa Kegunaannya serta Keuntungannya

Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share