Subscribe
Kategori

Ide Proyek Sampingan Yang Dapat Meningkatkan Kreativitas Anda

proyek sampingan yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas
Illustration by Freepik Storyset

Sebagai seorang profesional, mungkin Anda merasa bahwa harus terus mengasah dan mengeksplorasi kemampuan yang ada pada diri Anda. Membuat suatu proyek bisa menjadi jawabannya, Anda dapat melakukannya sembari melakukan aktivitas atau pekerjaan utama Anda sebagai seorang profesional. Membuat proyek sampingan bisa dibilang menjadi solusi jika Anda sedang mengeksplorasi dan meningkatkan kreativitas dan produktivitas, serta bakat yang ada di dalam diri Anda.

Selain itu, membuat proyek sampingan juga dapat mendatangkan manfaat lainnya. Selain mengasah keterampilan, Anda juga bisa mempelajari hal baru darinya. Beberapa proyek bahkan bisa menjadi tambahan pengalaman untuk dicantumkan pada resume Anda saat mendaftar suatu pekerjaan. Berikut beberapa proyek yang dapat Anda mulai disela-sela aktivitas Anda sebagai seorang profesinal.

Membuat Blog

Membuat blog yang sesuai dengan minat Anda, terutama jika suka menulis, dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kreativitas serta produktivitas Anda. (image credit: Business vector created by pch.vector – www.freepik.com)

Jika Anda tipe orang yang suka menulis, membuat blog merupakan salah satu proyek yang cocok untuk Anda. Anda bisa membuatnya pada bagian blog dari website pribadi Anda (website portofolio). Anda bisa memulai blog kreatif yang berkaitan dengan pekerjaan utama Anda, atau bahkan hobi Anda.

Blog pada website pribadi Anda juga bisa menjadi sarana promosi bagi Anda. Selain itu, dengan adanya bagian blog pada website, dapat meningkatkan kepopuleran website Anda dimata mesin pencari sepetri Google. Manfaat lainnya adalah memulai blog dapat meningkatkan produktivitas serta kreativitas Anda.

Memulai Podcast

Memulai podcast bisa menjadi opsi proyek sampingan yang bagus untuk mengasah dan meningkatkan kreativitas serta produktivitas Anda. (image credit: People vector created by pch.vector – www.freepik.com)

Akhir-akhir ini, popularitas podcast sepertinya sedang naik-naiknya, tidak sedikit pula youtuber yang ikut meramaikannya dengan membuat podcast versi mereka sendiri. Podcast sendiri bisa menjadi opsi yang bagus jika tujuan Anda adalah terhubung dengan audiens. Nantinya, bisa saja podcast buatan Anda menjadi terkenal, dan menjadi sumber pemasukan pasif bagi Anda.

Jika bingung dalam menentukan tema apa yang cocok untuk podacst Anda, kami menyarankan untuk memulai podcast yang terkait dengan hobi atau pekerjaan utama Anda, atau apapun hal/materi yang Anda suka dan kuasai. Apapun temanya, podcast tetap bisa menjadi kegiatan yang membuat Anda tetap kreatif dan produktif.

Jika masih bingung juga dalam menentukan platform podcast yang akan Anda gunakan, kami menyarankan untuk memulainya di Spotify atau Ancor.fm.

Membuat Produk Digital

Membuat produk digital seperti desain grafis dapat mengasah kreativitas Anda. (image credit: Technology vector created by pch.vector – www.freepik.com)

Membuat produk digital tidak hanya meningkatkan kreativitas serta produktivitas Anda, tetapi juga dapat menjadi sumber pemasukan tambahan. Sebagai bayangan, produk digital dapat berupa ebook, file lagu atau musik, template, kumpulan ikon, desain grafis, bahkan hingga hal yang berkaitan dengan tipografi (font, dll).

Banyak desainer dan pekerja kreatif yang membagikan karyanya secara gratis sebagai bentuk promosi diri. Tidak sedikit pula yang desainer dan pekerja kreatif yang memutuskan untuk memonetisasinya sebagai pemasukan tambahan. Beberapa pekerja kreatif bahkan melakukan keduanya, membagikan secara gratis dan sisanya dimonetisasi.

Anda dapat memutuskan akan membagikan secara gratis, atau memonetisasinya. Jika memutuskan membagikan secara gratis, Anda dapat menaruh file produk Anda di Dropbox atau Google Drive, lalu membagikan linknya melalui sosial media Anda. Namun jika memutuskan untuk memonetisasinya, Anda dapat menjualnya di marketplace digital seperti Envato Elements dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Anda dapat membuat proyek sampingan, yang dapat dikerjakan disela-sela kesibukan Anda. Mulailah proyek yang paling sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Anda dapat menggunakan proyek sampingan ini sebagai sarana mengekspresikan diri, mengasah bakat dan kreativitas, memperbanyak koneksi, dan juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Kalamint Marketplace NFT dari Tezos

Kalamint, Marketplace NFT Pertama Yang Berbasis Tezos

Next Post
Pengertian URL ramah SEO

Pengertian URL dan Tips URL Agar Ramah SEO

Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share