Apa Itu Domain? Pengertian dan penjelasannya

Khalfani Alvaro
Apa itu domain dan apa pengertiannya? Bagaimana cara kerja Domain?
Illustration by Freepik Storyset

Domain merupakan salah satu bagian dari sebuah website. Namun jika masih terbilang baru berkecimpung di dunia website maupun hosting, anda mempunyai sebuah pertanyaan, yaitu apa itu Domain? Apa pengertiannya? Bagaimana cara mendaftarkannya? Simak penjelasan singkatnya berikut!

Pengertian dari Domain

Jadi apa itu pengertian dari Domain? Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan alih-alih menggunakan internet protocol (IP). Alamat IP biasanya menggunakan angka-angka yang sulit dihafal, oleh karena itulah dibuat menjadi nama-nama. Pengertian mudahnya, domain merupakan sebuah alamat dari suatu website.

Untuk lebih mudah memahami, bisa diibaratkan seperti ini. Website merupakan rumah teman anda, dan nomor rumah teman anda merupakan Alamat IP. Jika kita ingin berkunjung ke rumahnya, bukankah lebih enak jika hanya mengingat nama teman kita, lalu bertanya ke Security-nya, dari menghapal nomor rumahnya? Sama seperti sebelumnya, pada kasus tadi nama teman Anda ibarat nama domain, dan Security-nya sebagai registar.

Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke website khalv.com, tidak perlu lagi untuk repot-repot mengingat alamat IP-nya, yang diperlukan hanyalah mengingat nama alamat website tersebut. Dari penjelasan tadi bisa disimpulkan, pengertiannya adalah nama yang digunakan untuk menavigasi browser Anda menuju website tujuan.

Cara kerja

Untuk dapat bekerja, domain sebelumnya harus didaftarkan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Bayangkan bagaimana jika nama yang sama dimiliki 2 orang yang berbeda, tentu hal itu dapat membuat bingung browser, manakah diantara 2 website tersebut yang ingin dikunjungi. Situasi seperti itu dapat berakibat website menjadi error dan tidak dapat diakses. Dan juga sekarang ini, domain diseluruh dunia memiliki jumlah hingga jutaan. Bisa dibayangkan bagaimana jika hal itu tidak terurus.

Dari uraian di atas, alasan itulah yang menyebabkan domain harus didaftarkan terlebih dahulu. Nama-nama tadi akan disimpan di sebuah pusat data, yang disebut DNS server. Layanan ini dikelola oleh penyedia web hosting Anda.

Jadi saat anda memasukkan nama alamat website (domain) di browser Anda, browser Anda akan mencari di DNS server hingga mendapatkannya. Jika sudah didapat, browser akan menampilkan halaman website yang anda tuju.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post
Ilustrasi Bitcoin. Apa itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin? Penjelasan dan Cara Kerjanya

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share