Subscribe
Kategori
apa itu blog

Apa itu Blog? Pengertian dan Jenis-Jenis Blog

Meskipun di internet sudah tersebar mengenai apa itu blog? Namun masih banyak orang yang belum paham. Tapi tidak apa-apa pasalnya saya akan memberikan informasi seputar blog. Nah bagi Anda yang mau tau pembahasan lengkapnya mengenai Blog, simak artikel penjelasannya berikut ini.

Blog merupakan sebuah website yang di dalamnya mengandung konten, biasanya berupa artikel, video, ataupun foto, serta konten lainnya yang ingin disertakan atau disediakan oleh penulis dari blog tersebut. 

Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang didalamnya berisikan pemikiran atau penjelasan mengenai sesuatu dari satu atau beberapa penulis, dan postingannya mempunyai urutan dari konten terbaru hingga yang paling lama. 

Apabila didefinisikan blog sebagai website yang dikelola oleh satu atau beberapa penulis yang di dalamnya berisikan opini, observasi, pengalaman pribadi dan lain sebagai dari penulis itu sendiri, bahkan tidak jarang berisi penjelasan atau pemahaman terkait suatu hal.

Struktur Pada Blog

Setelah Anda tahu apa itu blog? Rasanya kurang lengkapnya jika tidak mengetahui struktur pada blog. Untuk sekarang ini blog mempunyai tatanan dan tampilan yang begitu beragam tergantung dari fungsi blog tersebut. 

Mulai dari blog yang mempunyai sidebar sampai dengan yang hanya satu kolom saja. Pada intinya blog mempunyai struktur yang standar. Nah penjelasan lebih jelas soal struktur blog ada di bawah ini.

  • Header: Biasanya tempat header berada di atas blog. Header berisi tentang judul, deskripsi dan menu blog.
  • Navbar: Biasanya terletak di bagian atas header. Kegunaan dari navbar adalah mempermudah pemilik blog atau editor untuk mengelola blog itu sendiri. Ini biasanya tidak akan tampilan kalau bukan pemilik blog atau editornya.
  • Main Blog: Elemen ini terletak pada bagian tengah blog. Di sinilah lokasi dimana postingan blog berada. Pada elemen ini ada struktur seperti judul, tanggal, nama penulis dan kolom komentar.
  • Sidebar: Kalau yang ini biasanya berada di popular post, dan archive. Atau bisa pemilik blog menambahkan widget lainnya seperti jam, kalender, dan lainnya yang menarik. Untuk posisinya berada samping di kanan atau kiri dari blog itu sendiri.
  • Footer: Posisi elemen ini berada di bagian bawah blog. Biasanya akan ada informasi singkat tentang pemilik blog, kontak, dan kolom subscribe untuk di isikan alamat email.

Jenis-Jenis Blog

Blog sendiri dalam perkembangannya tidak hanya berguna untuk keperluan personal. Namun sebagai media yang bisa dipakai untuk berbagai macam tujuan. Bahkan blog bisa menjadi bisnis yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Baik untuk perusahaan atau pribadi.

Bicara soal jenis-jenis blog, sejatinya ada banyak sekali jenisnya. Nah bagi Anda yang belum tahu, silahkan simak penjelasan singkat di bawah ini.

Blog Pribadi

Pada awal munculnya blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi saja. Kebanyakan orang hanya memakai blog untuk menulis cerita pribadi yang dapat diakses secara online. Awalnya blog sering disebut sebagai jurnal online pasalnya memungkinkan penggunanya untuk mencatat atau buku harian secara online.

Karena blog pribadi, jadinya isi kontennya bebas tidak terikat aturan tertentu. Pemilik blog bisa memilih sendiri konten apa yang ingin ditulis. Bisa soal cerita, pengalaman sekolah, review produk, liburan, dan lain sebagainya.

Nah untuk beberapa blogger yang sukses dengan blog seperti ini adalah Agus Mulyadi dan Raditya Dika. Kedua orang ini berhasil menerbitkan buku berdasarkan pengalamannya sendiri yang di tuangkan pada blognya.

Blog Profesional

Berbeda dengan blog pribadi, kalau profesional mempunyai batasan tertentu pada konten yang di publish. Biasanya untuk blog profesional berisikan konten yang bisa menunjukkan profesionalitas pemilik blog pada bidang tertentu.

Misalnya kalau Anda ahli dalam bidang SEO atau digital marketing maka bisa mengisi blog tersebut dengan konten yang berhubungan kedua bidang itu. Contoh blog yang profesional Sugeng.id.

Blog Bisnis (Content Marketing)

Selain dipakai untuk tujuan pribadi, blog juga bisa digunakan untuk mendatangkan trafik atau pengunjung untuk toko online atau website perusahaan. Kenapa harus blog? Pasalnya blog sebagai media yang dinamis serta dapat merilis update konten tanpa ada batasan. Berbeda dengan toko online atau web perusahaan yang kontennya hanya berisikan informasi produk atau yang berkaitan dengan perusahaan itu sendiri.

Dengan memakai blog, untuk tujuan content marketing Anda dapat mendatangkan visitor melalui kata kunci yang sering dicari oleh para konsumen Anda. Contohnya, kalau toko online yang menjual gamis. Maka Anda dapat membuat konten blog yang berhubungan dengan gamis. Misalnya cara merawat gamis atau tips memilih gamis yang enak digunakan.

Ingat, kebanyakan calon konsumen akan mencari informasi produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Jadi, tulisan Anda harus tampil di hasil pencarian mereka. Cara yang efektif untuk mendatang trafik dari organic search adalah dengan memakai content marketing atau blog.

Sekarang sudah tahu kan apa itu blog? Jenis-jenis blog? Sekarang saat Anda membuat blog, siapa tau jadi tambahan penghasilan Anda!

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
apa itu website

Apa Itu Website? Sejarah, Unsur-Unsur & Jenis-Jenis Website

Next Post
SSL dan HTTPS

Apa Itu SSL dan HTTPS? Keuntungan Memakai SSL & HTTPS

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share