Subscribe
Kategori
apa itu website

Apa Itu Website? Sejarah, Unsur-Unsur & Jenis-Jenis Website

Meskipun sudah informasinya sudah tersebar di internet, namun tidak sedikit orang yang masih belum tahu apa itu website? Jadi sederhananya, website merupakan media yang Anda kunjungi setiap harinya di internet.

Mulai dari Facebook, Bukalapak, Tokopedia, CNN, dan lain sebagainya. Pada saat Anda membuka layanan-layanan tersebut pada di perangkat mobile atau desktop yang Anda buka merupakan website. 

Apa Itu Website?

Website merupakan sebuah kumpulan halaman di suatu domain pada internet yang dibuat dengan tujuan tertentu, saling berkaitan dan bisa diakses secara luas lewat home page atau halaman depan memakai browser menggunakan URL website. 

Misalnya untuk alamat website pada https://www.niagahoster.co.id atau alamat lainnya. Nah untuk bagian halaman web merupakan bagian yang di berikan tanda kotak berwarna merah. Jika itu di klik maka Anda akan dibawa menuju halaman baru yang mana isinya berupa informasi yang berbeda dengan home page.

Sejarah Website

Setelah tau apa itu website, tidak ada salahnya Anda tahu sedikit sejarah website. Jadi pertama kali web dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1980-an. Namun baru resmi secara online pada tahun 1991.

Tujuan utama dibuatnya website adalah untuk memudahkan para peneliti di tempat kerja pada saat akan bertukar atau melakukan perubahan informasi. Apabila Anda mau tau seperti apa penampilannya silahkan kunjungi tautan berikut http://info.cern.ch/. Ketika itu web mulai bisa di pakai secara gratis oleh publik ketika baru diumumkan oleh CERN pada tahun 1993.

Website sendiri dapat dimiliki oleh personal atau pribadi, organisasi maupun perusahaan. Biasanya sebuah web akan menampilkan informasi atau pembahasan tertentu. Walaupun sekarang sudah banyak website yang menyediakan berbagai macam informasi dengan pembahasan yang berbeda-beda.

Unsur-Unsur Website

Ada beberapa unsur yang sangat penting dalam sebuah website. Tanpa hadirnya unsur ini web Anda tidak akan pernah di temukan oleh para pengguna di internet. Unsur disini seperti:

1. Domain

Apabila sebuah website di ibaratkan sebagai produk. Maka domain tersebut merupakan merek. Pemakaian domain yang menarik dan gampang di ingat akan membuat orang lebih tertarik untuk membuka sebuah website.

Dengan memilih nama domain yang unik, juga bisa membuat seseorang gampang mengingatnya supaya bisa mengunjungi kembali. Apalagi kalau informasi di dalamnya bermanfaat semua. 

2. Hosting

Hosting juga unsur kedua yang tidak kalah penting dengan unsur pertama yakni domain. Elemen ini mempunyai peran vital yang sangat dibutuhkan untuk membentuk sebuah website.

Ada banyak sekali layanan jasa hosting di Indonesia. Salah satu contohnya pada Niagahoster yang menyediakan berbagai macam pilihan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda.

3. Konten

Tanpa hadirnya konten atau pembahasan pada suatu website maka dapat dikatakan jika website tersebut tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Konten pada sebuah website sendiri bisa berupa tulisan artikel, gambar maupun video. Apabila dilihat dari konten yang ditampilkan ada beberapa jenis website contohnya web berita, sosial media, web lapak jual beli, dan website yang berisikan bakar, hobi dan minat.

Jenis-Jenis Website

Website adalah sebuah media yang menyuguhkan informasi. Pada awal kemunculannya informasi yang disuguhkan pada web hanya berupa tulisan saja. 

Namun untuk sekarang ada banyak sekali jenis website yang bisa temukan di internet, tidak hanya menyuguhkan informasi tulisan saja. Adapun jenis-jenisnya seperti:

1. Website Pribadi

Sekarang sudah banyak sekali web pribadi yang bisa Anda pakai untuk membuat web pribadi. Dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk yang gratis contohnya www.namawebsite.blogspot.com.

Alamat seperti itu tidak dianjurkan untuk mempunyai konten yang lengkap, seperti halnya banyak gambar atau video. Pasalnya layanan gratis akan memberikan batasan resource.

Selain itu, alamat gratis akan sulit untuk bersaing dengan kompetitor lain pada mesin pencari Google. Oleh karena itu, saya sarankan membuat web melalui layanan penyedia hosting dan domain.

2. Website Toko Online

sekarang ini membuat toko online gampang sekali, bahkan dalam hitungan menit sudah jadi. Pasalnya Anda bisa menggunakan bantuan tool. Dan website toko online sudah bisa Anda akses melalui internet.

Bisa dibilang sekarang ini website toko online sedang naik daun di Indonesia. Tidak heran jika banyak orang yang ingin membuatnya juga. Termasuk Anda bukan?

3. Blog

Biasanya blog akan berisikan pembahasan yang bertujuan untuk berbagai pengalaman menulis, gagasan atau ide dan pengetahuan atau wawasan. Blog seperti ini banyak sekali contohnya. Leskompi.com, niagahoster.co.id dan lain sebagainya.

Tujuan dari website blog adalah untuk sharing pengetahuan yang berkaitan dengan internet marketing, web hosting dan lain sebagainnya.

Setiap blog biasanya akan berbeda-beda menerbitkan artikel. Ada yang satu hari 2 artikel, bahkan satu minggu 1 artikel juga ada. Tergantung dari pemilik atau penulis blog itu sendiri.

Jadi, bagaimana apakah sudah paham dengan apa itu website, sejarahnya gimana, unsur-unsurnya dan jenisnya? Apakah Anda tertarik untuk membuat salah satu jenis website yang sudah saya sebutkan?

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
podcast

Podcast, Media Penyiaran Audio yang Sedang Naik Daun Kembali

Next Post
apa itu blog

Apa itu Blog? Pengertian dan Jenis-Jenis Blog

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share