Subscribe
Kategori
SSL dan HTTPS

Apa Itu SSL dan HTTPS? Keuntungan Memakai SSL & HTTPS

Bagi seorang Blogger harusnya tidak asing lagi apabila mendengar istilah SSL dan HTTPS, tidak terkecuali untuk blogger pemula saya rasa masih sedikit paham dengan kedua informasi tersebut. Nah bagi Anda mau paham dengan keduanya mari simak ulasannya dibawah ini.

Sekarang ini sudah banyak sekali blog maupun website yang menggunakan keduanya. Bukan tanpa ada alasan, namun SSL dan HTTPS memiliki berbagai macam manfaat salah satunya untuk SEO dan lain sebagainya.

Apa Itu SSL?

SSL merupakan kepanjangan dari Secure Socket Layer. Dimana sebuah komponen yang mempunyai peranan vital pada website. Dengan adanya elemen ini, Anda bisa menjadi lebih gampang, aman dan terenkripsi untuk melakukan transfer data di dalam website. Bahkan pihak Google Chrome memberikan label website tanpa elemen SSL sebagai web yang Not Secure.

Tujuan dari pemasangan elemen SSL adalah sebagai pengaman untuk website pada saat melakukan pertukaran data yang terjadi lewat jaringan internet.

Kelebihan Menggunakan SSL

Berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan dan mengapa Anda harus menggunakan SSL pada website, seperti:

1. Menghindarkan Pencurian Data

SSL akan melindungi website dari ancaman pencurian data. Caranya adalah dengan melakukan pengacakan data sensitif atau enkripsi. Dengan demikian, seseorang tidak bisa sembarangan dapat membaca data Anda yang miliki dan kirimkan.

2. Menghindarkan Salah Kirim Data

SSL juga berguna sebagai autentikasi. Artinya elemen ini akan memastikan Anda untuk mentransfer data server atau informasi sesuai dengan tujuannya. Karena tanpa elemen ini, bisa bisa salah kirim ke pihak tidak bertanggung jawab atau ke hacker.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Ketika sebuah website sudah terpasang SSL, saat itu juga browser akan menunjukkan pemberitahuan tertentu. Pada internet explorer akan ada notifikasi yang berwujud block dengan warna hijau di bagian addres bar.

Sedangkan pada Google Chrome maupun Firefox akan ada notifikasi yang ditunjukkan dalam bentuk gambar gembok yang terkunci.

Pemberitahuan ini sangat berguna sekali untuk meningkatkan kepercayaan dan reputasi Anda di mata pengunjung. Dengan adanya pemberitahuan, pengunjung web tidak akan merasa ragu untuk membuka website Anda. Hal ini juga berlaku untuk semua website.

Apa itu HTTPS?

Jadi HTTPS merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Elemen ini bisa Anda jumpai pada saat mengakses sebuah website yang dilengkapi dengan fitur untuk melakukan transaksi pembayaran atau fitur login.

Perbedaan HTTP serta HTTPS akan terlihat pada saat Anda membuka situs HTTP. Dimana kebanyakan website yang memakai HTTPS secara otomatis akan melakukan redirect ke HTTPS pada saat di buka melalui HTTP://.

HTTPS juga memakai Transmission Control Protocol pada saat akan menerima atau mentransfer data melalui port 443 dengan menggunakan koneksi yang di enkripsi oleh SSL..

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Berikut dibawah ini merupakan beberapa keuntungan pada saat Anda menggunakan HTTPS, diantaranya:

1. Untuk SEO

Seperti yang sudah diinfokan oleh Google pada tahun 2014, jika HTTPS menjadi salah satu unsur penentu rangking sebuah website. Walaupun begitu, rangking website Anda tidak akan berubah secara signifikan apabila mengubah ke HTTPS. Akan tetap hal ini untuk efek jangka waktu yang panjang mengenai user experience serta berguna untuk membangun kepercayaan dan reputasi Anda terhadap pelanggan.

Bisa dibilang berpindah dari HTTP ke HTTPS merupakan hal yang diperlukan. Jika Anda pernah menjumpai pesan not secure pada saat mengakses halaman di website pada saat memasukkan data tertentu atau ketika akan login. Hal apa yang akan Anda lakukan? Kemungkinan besar akan berpindah ke website lainnya bukan?

Efeknya pengunjung website Anda akan berkurang dan bisa menurunkan rangking website Anda. Saat ini untuk beberapa browser akan memunculkan pesan itu. Misalnya Google Chrome pada awal tahun 2017 pada versi 56 ke atas akan menandai website yang masih memakai HTTP untuk mengirim kartu kredit atau kata sandi sebagai website yang tidak aman. Dengan memakai HTTPS, website Anda mempunyai kesempatan untuk memperoleh peringkat terbaik dari mesin pencarian Google.

2. Untuk Pengguna

Pengguna internet sekarang ini mempunyai hak privasi, terutama pada saat mereka mengakses sebuah website. Dengan memakai HTTPS data pengunjung akan jauh lebih aman ketika melakukan interaksi melalui website Anda. Contohnya menginputkan data berupa password atau lain sebagainya.

Berkomunikasi dengan browser ke server serta server ke server akan diberlakukan enkripsi. Sehingga data user yang dikirim akan jauh lebih aman. Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung dan nantinya bisa untuk membesar peluang konversi di website Anda.

Menggunakan HTTPS merupakan cara sempurna untuk melindungi website, informasi user dan memang dibutuhkan untuk fitur baru berupa aplikasi web progresif.

Setelah Anda membaca ulasan mengenai SSL dan HTTPS saya harap Anda bisa memahami perbedaan keduanya. Pada intinya kedua elemen sangat penting untuk sebuah website baik di mata Google maupun pengguna.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
apa itu blog

Apa itu Blog? Pengertian dan Jenis-Jenis Blog

Next Post
Pengertian Aged Domain

Pengertian Aged Domain, Domain Yang Ramah SEO

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share