Subscribe
Kategori

Kelebihan dan Kekurangan dari Expired Domain

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain
Illustration by Freepik Storyset

Expired Domain adalah domain yang telah habis masanya. Singkatnya adalah expired domain adalah domain yang tidak diperpanjang masa waktunya oleh pemiliknya. Ketika domain telah expired, otomatis semua orang menjadi bisa mendaftarkannya.

Domain jenis ini dapat dikatakan seperti barang bekas. Walau demikian, membeli domain bekas sama halnya seperti membeli barang bekas lainnya, terdapat jejak dan pengaruh pemilik sebelumnya terhadap barang. Oleh karena itu, domain ini jika didaftarkan kembali oleh pemilik baru, bisa jadi pemilik baru mendapatkan keuntungan dari pemilik lamanya. Contohnya adalah popularitas dan peringkat webiste. Jika pemilik sebelumnya telah membangun reputasi dan popularitas dengan baik, pemilik baru bisa jadi dapat memanfaatkannya.

Dari uraian diatas, telah diketahui alasan orang banyak yang tertarik membeli expired domain, salah satunya karena tidak perlu membangun reputasi dan popularitas dari awal. Sebelum Anda melakukannya juga, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan expired domain di bawah ini. Karena tidak selamanya membeli expired domain akan menguntungkan.

Kelebihan Expired Domain

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa domain jenis ini memiliki keuntungan yang dapat dimanfaatkan. Berikut adalah kelebihan dan penjelasannya.

Peringkat website yang tinggi

Kelebihan dan keuntungan yang didapat dari expired domain yang dibeli adalah memiliki peringkat tinggi. Beberapa nama domain expired memiliki ranking yang tinggi di Google. Namun hal ini tidak berlaku dan belum tentu berlaku ke semua domain. Diperlukan ketelitian yang tinggi untuk mencari expired domain yang memiliki peringkat tinggi, karena beberapa domain tidak memiliki ranking yang tinggi, sehingga membuat Anda tidak mendapatkan keuntungan apa-apa.

Sangat disarankan untuk membeli expired domain yang mempunyai peringkat tinggi, agar Anda bisa merasakan manfaat dan keuntungan dari domain tersebut. Ranking atau peringkat website expired domain yang tinggi akan sangat bermanfaat bagi SEO.

Backlink merupakan salah satu hal yang mempengaruhi SEO website Anda. Dengan membeli expired domain, pemilik baru domain otomatis juga mendapatkan segala backlink yang dimiliki pemilik website sebelumnya. Dengan Backlink yang telah ada sebelumnya, pemilik baru hanya perlu menambahkan backlink lainnya untuk mengembangkan website atau blog Anda.

Perlu diingat bahwa tidak semua expired domain memiliki backlink yang berkualitas. Beberapa bahkan memiliki backlink yang buruk, yang mana backlink tersebut malah menurunkan kualitas dan peringkat website. Satu hal lagi, backlink yang banyak juga tidak menjamin kualitas backlink. Oleh karena itu, seperti pada bagian sebelumnya, diperlukan ketelitian untuk memilih expired domain yang berkualitas.

Harga yang relatif murah

Dibandingkan dengan aged domain, harga expired domain relatif lebih murah. Dengan segala keuntungan yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan keuntungan aged domain, harga murah adalah hal yang diinginkan semua orang. Harga expired domain relatif murah dikarenakan untuk mendaftarkannya sama seperti mendaftarkan domain baru.

Fleksibel dalam memilih

Dalam memilih expired domain, pilihan yang ditwarkan sangat beragam dibandingkan dengan aged domain yang memiliki pilihan yang terbatas. Tentunya dengan kelebihan ini, Anda bisa memilih nama domain dengan lebih leluasa sesuai dengan selera Anda.

Kekurangan Expired Domain

Setelah mempelajari kelebihannya, jangan lupa pelajari kekurangannya. Tidak ada hal yang tidak memiliki kekurangan kecuali Tuhan yang mana kuasa. Oleh karena itu, jangan sampai Anda merugi akibat membeli expired domain tanpa tahu kekurangannya.

Popularitas yang menurun

Popularitas domain ini dapat saja menurun setelah Anda beli, karena semua informasi mengenai domain yang telah expired juga akan direset. Mungkin saja mesin pencari akan mengulang popularitas website menjadi 0 kembali. Walau demikian, tidak semua domain seperti itu, oleh karena itu expired domain yang Anda beli harusnya benar-benar diteliti.

Mungkin kebanyakan orang membeli domain jenis ini karena backlink yang menggiurkan manfaatnya. Akan tetapi bisa jadi backlink di domain yang anda beli tidak berkualitas dan didapat melalui link farm. Backlink yang tidak berkualitas walaupun banyak jumlahnya akan tidak berpengaruh ke peringkat website anda, malah bisa jadi akan menurunkannya.

Faktor pemilik sebelumnya

Walaupun jejak pemilik sebelumnya bisa menguntungkan Anda, ada juga kasus yang dapat merugikan. Seperti contohnya jika pemilik sebelumnya menggunakan domain tersebut untuk melakukan sesuatu hal yang kurang baik, seperti pornografi dan bisnis kotor lainnya, otomatis domain tersebut bisa jadi dibann oleh mesin pencari.

Seperti sebelumnya, hanya ada satu solusi untuk mengatasi website seperti ini, yaitu dengan menelitinya dengan benar sebelum membelinya. Karena jika pemilik sebelumnya melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kebijakan mesin pencari, otomatis Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, bahkan rugi.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel diatas, Anda bisa memutuskan akan membeli expired domain atau tidak. Perhitungkan benar-benar kelebihan dan kekurangan dari expired domain, jangan sampai Anda merugi akibat membelinya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Domain Gratis Untuk web dan blog

Daftar Domain Gratis Untuk Website dan Blog Anda

Next Post
file logo yang tepat

Format File Logo Yang Tepat Untuk Klien Anda

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share