Subscribe
Kategori
Pengertian Aged Domain

Pengertian Aged Domain, Domain Yang Ramah SEO

Usia, sejarah, dan otoritas domain memiliki kekuatan tersendiri dari sudut pandang SEO (Search engine optimization). Domain lama pastilah berbeda dengan domain baru, domain lama biasanya memiliki sejarah dan otoritas yang lebih beragam, dan bisa jadi bermanfaat bagi SEO Anda. Aged domain, expired domain dan dropped domain, adalah tiga jenis domain paling umum yang biasanya memiliki usia dan sejarah yang bagus.

Diantara ketiga jenis domain tadi, bisa dibilang aged domain merupakan yang paling bagus. Penggunaan aged domain sendiri biasanya dilakukan oleh para praktisi SEO untuk dapat bersaing pada keyword-keyword besar di mesin mesin pencari. Banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dari domain jenis ini, dan oleh sebab itu kita akan membahasnya pada postingan kali ini.

Apa itu Aged Domain

Secara sederhana, Aged domain adalah domain yang sudah berumur atau sudah ada sejak lama. Usia suatu domain sendiri mulai dihitung pada saat suatu domain ditaftarkan. Kebanyakan umur dari suatu domain dapat dilihat oleh publik menggunakan tools tertentu.

Salah satu cara untuk melihat umurnya adalah dengan mengecek data suatu domain menggunakan Whois. Ada banyak situs whois yang dapat digunakan untuk mengeceknya, salah satunya adalah who.is dan situs Pandi (digunakan untuk domain berekstensi .id).

Usia suatu domain sendiri dapat memberikan nilai lebih dimata mesin pencari, selama konten yang terkandung juga berkualitas dan bermanfaat. Usia situs atau website pun juga sama berpengaruhnya, karena domain akan sia-sia tanpa website. Usia suatu situs dapat diperkirakan dari sejak kapan konten pertama kali diterbitkan pada website tersebut.

Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu kelebihannya adalah umur domain ini tidak dimulai dari 0, begitu pula dengan backlink yang dimilikinya. Anda tinggal membelinya di suatu lelang, sehingga tidak perlu repot-repot merintisnya dari awal lagi. Tidak hanya untuk blog, domain ini juga sangat cocok jika dipakai untuk bisnis Anda, seperti website marketplace, company profile, dll. Dengan demikian, domain ini dapat membantu Anda menyimpan waktu sehingga Anda dapat fokus pada bisnis utama Anda.

Perlu diingat, tidak semua domain memiliki sejarah dan backlink yang bagus. Oleh karena itu sebaiknya sebelum membeli suatu domain, sebaiknya lakukanlah riset yang cukup terkait domain yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda menjadi rugi akibat asal membeli saja.

Namun segala sesuatu pastilah memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari domain jenis ini adalah tidak leluasanya dalam pemilihan nama domain. Mengingat stoknya yang terbatas, sehingga tidak semua nama domain yang Anda inginkan tersedia sebagai aged domain. Kekurangan lainnya adalah harganya yang mahal. Biasanya, domain dengan umur dan sejarah yang bagus bisa berharga diatas $ 100 (sekitar Rp 1.400.000).

Kesimpulan

Aged domain adalah domain yang sudah berumur dan memiliki pengalaman atau sejarah tersendiri. Beberapa kelebihannya adalah umur domain dan backlink yang dimikinya bisa jadi bermanfaat bagi SEO. Walaupun demikian, ada juga saatnya sejarah dan backlink yang dimiliknya malah merugikan Anda, dan semunya itu tergantung kualitas dari domain yang Anda beli.

Mengingat harganya yang mahal, sebaiknya Anda melakukan riset yang cukup mendalam sebelum memutuskan membelinya. Jangan sampai Anda membayar mahal hanya untuk domain yang tidak sama sekali menguntungkan, dan lebih buruk lagi malah merugikan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
SSL dan HTTPS

Apa Itu SSL dan HTTPS? Keuntungan Memakai SSL & HTTPS

Related Posts
Website kami menggunakan cookie untuk membantu menganalisa jumlah pengunjung.
Total
0
Share